PENGARUH KESEHATAN MENTAL TERHADAP KECERDASAN


  Kecerdasan seseorang merupakan warisan dari orang tuannya. Hal ini telah terbukti dari berbagai penelitian yg di lakukan para ahli. Namun demikian, kecerdasan ini tidak akan berkembang bila tidak di dukung oleh lingkungan dan adanya kesempatan yg dapat merangsang kecerdasan tersebut.
  Ada berbagai pengaruh kesehatan mental atas pikiran, di antaranya adanya perasaan sering lupa atau kurangnya konsentrasi dalam berpikir, dan sebagainya. Bila hal ini dibiarkan terus menerus maka ia akan menyebabkan gangguan kesehatan mental yang serius.
  Anak yang pemurung, bodoh merupakan akibat terganggunya ketenangan si anak. Ia menjadi tidak mampu mengerahkan daya pikirnya sehingga ia kehilangan konsentrasinya dalam menerima pelajaran. Inilah yang menyebabkan ia menjadi bodoh, jadi buka karena ia benar-benar bodoh.
  Penyebab lain terganggunya ketenangan anak adalah perlakuan orang tua yang terlalu mengekang kebebasan anak, terlalu banyak campur tangan dalam urusan anak, suka membanding-bandingkan si anak dengan anggota keluarga lain yang lebih pandai dari pada si anak, dan sebagainya.
  Terganggunya ketenangan anak disebabkan perilaku ibu bapaknya yang sering bertengkar. Menekang si anak, sering dipukul oleh ibu bapaknya, karena ia malas belajar atau karena kenakalannya. Suasana rumah dan perlakuan orang tuanya sangat menekankan perasaan menyebabkan si anak merasa binggung dan mencoba mencari perhatiaan orang dengan melakukan sesuatu yang dilarang

KOMENTAR LEWAT FB